Uji Kompetensi untuk Adik Sekoci

Selamat Tahun Baru 2020!

Sudah lama sekali rasanya sekoci absen berbagi cerita di sini. Meski demikian, adik-adik dan kakak-kakak sekoci tetap aktif bermain dan belajar pada hari Minggu sore di RPTRA Gondangdia loh!

Kegiatan mendarat (12/01) tahun ini, kami awali dengan melakukan uji kompetensi untuk adik-adik sekoci. Awalnya kakak-kakak khawatir jika nanti adik-adik akan ketakutan, bosan, atau tidak tertarik dengan agenda kami minggu ini. Namun kakak-kakak kurikulum berusaha sangat keras untuk membuat kegiatan uji kompetensi agar tetap menyenangkan sehingga adik-adik tidak merasa sedang melakukan tes.

Bagaimana caranya?

Pertama-tama, kami kakak-kakak sekoci dibagi menjadi empat pos. Yaitu pos persiapan dengan kak Ajeng dan kak Andra; pos menulis dengan kak Rima, kak Bimo, kak Laras, kak Tika, dan kak Fidha; pos membaca dengan kak Dwi, kak Nadya, kak Riri, dan kak Natasha; serta pos berhitung dengan kak Wawan, kak Mimi, kak Risma, dan kak Eca.

DSC_0361

Pada pos persiapan, kak Andra dan kak Ajeng mengajak adik-adik bermain games dan bernyanyi bersama di halaman belakang RPTRA Gondandangdia sambil menunggu giliran masuk ke pos berikutnya. Pos bermain games dan bernyanyi dilakukan agar adik-adik tidak merasa tertekan saat menunggu giliran tes.

Pos selanjutnya adalah pos menulis. Pada pos menulis, adik-adik diminta untuk membaca dan menuliskan jenis warna dengan media kertas origami, mengeja kalimat, serta merangkai cerita bertema liburan sekolah. Sedang pada pos membaca, adik-adik diminta untuk membaca buku cerita yang terlah disiapkan, untuk kemudian adik-adik menceritakan sinopsis dari isi buku cerita tersebut. Pos selanjutnya adalah pos berhitung. Pada pos berhitung, adik-adik diminta untuk mengenrjakan beberapa soal penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dengan menggunakan media korek api dan daun.

Kemudian, adik-adik akan dinilai oleh kakak-kakak pendamping. Dari hasil penilaian dan diskusi yang dilakukan oleh kakak-kakak sekoci, adik-adik akan dimasukan ke dalam kelompok kelas yang sesuai dengan kemampuan mereka.

BERLAYAR I 2019 : Berkebun dan Beternak di D’Kandang Amazing Farm!

SEKOCI BERLAYAR first

Cuaca minggu pagi di penghujung bulan Februari lalu begitu cerah, seperti sengaja ingin menambah keceriaan adik-adik Sekoci yang telah berkumpul di RPTRA Gondangdia.  Pagi itu, adik-adik akan menjalani berlayar pertama di tahun 2019 ini. Saking semangatnya memulai berlayar pada hari itu, sesampainya di RPTRA, adik-adik segera bergegas berganti baju dengan kaos berlayar yang telah disiapkan kakak pendamping. Tidak lupa, setelahnya mereka segera mengisi perut dengan sarapan yang telah disiapkan. Ketika waktu menunjukkan pukul delapan pagi, Adik-adik Sekoci dan kakak-kakak pendamping bersiap melangkah ke dalam bus yang akan membawa mereka menuju tempat Berlayar, tempat yang sedari awal sudah menimbulkan pertanyaan-pertanyaan penuh rasa penasaran dari adik-adik.

Perjalanan yang memakan waktu beberapa jam itu ternyata tidak mengurangi energi adik-adik untuk besenang-senang. Selama perjalanan mereka tidak henti-hentinya bernyanyi, bercanda dan tertawa. Wah semangatnya wajib diacungi jempol nih!

Setelah menempuh kemacetan Depok, akhirnya adik-adik sampai di tempat Berlayar. Berlayar di mana kita kali ini? Di D’Kandang! Waktu saat itu sudah menjelang jam makan siang, adik-adik langsung mengobati gemuruh di perut mereka dengan melahap roti dan susu yang telah difasilitasi D’Kandang. Sesudah mengisi energi, adik-adik bergegas ke pendompo untuk memulai kegiatan seru mereka pada hari itu. Yeay!

 

  1. Membuat Nugget

DSCF2773

Kegiatan pertama yang dilakukan adik-adik adalah membuat nugget. Kakak-Kakak D’Kandang menjelaskan terlebih dahulu bahan-bahan apa saja yang diperlukan kemudian rincian langkah-langkah yang perlu dilakukan. Ternyata beberapa adik-adik sudah tahu kalau membuat nugget memerlukan tepung roti, tepung terigu, telur, bawang putih, dan sebagainya. Pintar-pintar sekali ya! Setelah mendengarkan penjelasan, adik-adik ikut turun langsung untuk membuat nuggetnya masing-masing. Wah dengan semangatnya adik-adik mencetak nugget dengan bentuk-bentuk yang mereka inginkan.

 

  1. Belajar Mengenal Sayuran, Menanam, dan Memanen

DSCF2801

Setelah makan siang, adik-adik segera melanjutkan keseruan hari itu dengan mengenal sayuran-sayuran yang ada di D’Kandang. Adik-adik diperkenalkan dengan sayur kangkung, sawi, selada, dan sayur lainnya. Selain itu, adik-adik juga diajak untuk menemui laba-laba raksasa. Eits, jangan kabur dulu! Laba-laba raksasa ini adalah bentuk kerajinan tanaman asli Jepang. Tanaman ini ditanam di media tanam yang terbuat dari sabut kelapa, lumut, dan pupuk  kemudian dibentuk seperti laba-laba raksasa.

DSCF2810

Sesudahnya adik-adik juga diajak ke mist room (ruang pengabutan) untuk belajar mengenai pemeliharaan tanaman-tanaman yang memerlukan kestabilan kelembaban dan memiliki akar kecil. Di tempat ini adik-adik juga diajak merasakan percikan air dari nozzle spray.  Percikan air ini bukannya membuat mereka kabur tapi malah tertawa gembira karena bisa bermain air di siang yang terik itu. Hihi jadi seger yaa!

DSCF2856

Setelahnya mereka diajari cara menanam yang benar di dalam poly bag. Ternyata memerlukan teknik khusus untuk menanam di plastik poly bag. Tanamannya harus berdiri kokoh saat sudah dimasukkan ke media tanam, gak boleh tuh mudah bergoyang saat digerakkan. Oiya media tanamnya terdiri dari tanah dan pupuk yang terbuat dari kotoran kambing loh hehe.

DSCF2834

Tanaman yang sudah ditanam boleh dibawa pulang adik-adik. Semoga tidak lupa untuk selalu dirawat biar tanamannya tetap tumbuh terus ya! Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan memanen tanaman Kangkung. Dari kegiatan ini, adik-adik jadi tahu kalau ternyata untuk memanen kangkung perlu hati-hati dan diangkat sampai akar-akarnya.

 

  1. Bermain dengan hewan ternak

DSCF2896

Selanjutnya, adik-adik diajak bermain menemui kuda, sapi, kerbau, kelinci, dan cempe. Dari sini adik-adik banyak belajar mengenai berbagai macam hal berkaitan dengan hewan-hewan ternak seperti makanan, masa kehamilan, pemanfaatnnya, dan lain sebagainya. Adik-adik diedukasi mengenai perbedaan sapi perah (Friesian Holstein) dan sapi yang akan dimakan dagingnya. Tak hanya itu, di sini adik-adik juga berkenalan dengan bule loh. Iya bule, tapi bukan manusia melainkan kerbau bule! Kerbau ini warnanya merah muda karena tidak memiliki pigmen di kulitnya. Ternyata walaupun disebut bule, kerbau ini berasal dari Solo. Jadi kalau mau diajak ngobrol baiknya pakai bahasa Jawa ya hehe. Selama menyusuri kandang perternakan ini, sesekali adik-adik memberi makan pedet (anak sapi) dan gudel (anak kerbau)  dengan kangkung yang sebelumnya mereka petik.

DSCF2903

Petualangan belum usai, adik-adik kembali melanjutkan petualangan mereka ke kandang kelinci atau disebut juga Rabbiton! Kandang kelinci ini terdiri dari bukit-bukit berlubang seperti yang ada di film Telletubbies. Tidak jauh dari situ juga ada kandang cempe, yaitu sebutan untuk anak kambing. Saking menggemaskannya kelinci dan cempe di sana, adik-adik sampai melupakan rasa lelahnya pada hari itu karena asik bermain, berfoto, dan sesekali memberi makan kelinci dan cempe.

DSCF2906.JPG

Matahari mulai menuruni langit, menandakan berlayar kali itu sudah mencapai penghujung waktu. Adik-adik kembali ke bus dengan suka cita sambil membawa sebotol yogurt dan suvenir foto dari D’Kandang. Perjalanan pulang ternyata lebih cepat daripada saat pergi. Saat kumandang waktu magrib tiba, adik-adik tiba di RPTRA Gondangdia. Adik-adik segera membentuk barisan untuk berpamitan dan mengambil bingkisan dari kakak-kakak Pendamping. Hari itu diakhiri dengan senyum dan tawa bahagia yang terpancar dari wajah adik-adik. Tanpa mereka sadari, hari itu mereka telah belajar banyak mengenai dunia menanam dan berternak. Begitu juga dengan kakak-kakak pendamping yang ternyata belajar banyak juga mengenai sikap pantang menyerah dan semangat yang tidak ada habisnya dari adik-adik di setiap kegiatan berlayar. Pelayaran kali ini berakhir dan awak kapal berlabuh dengan penuh suka cita. Sampai berjumpa di kegiatan berlayar berikutnya!

Serunya Buka Puasa Bersama SekoCi

Hai teman-teman SekoCi! Selamat menjalankan ibadah puasa ya buat kalian yang merayakan..

SekoCi mau sedikit cerita nih tentang acara buka puasa bareng kakak-kakak STP Sahid & STP Trisakti..

Jadi pada tgl 3 Juni 2018 yang lalu, kakak-kakak STP Sahid & STP Trisakti datang untuk buka puasa bersama SekoCi. Eits nggak cuma buka puasa aja lho, kemarin kami melakukan banyak kegiatan seru juga!

Kegiatan istimewa kali ini dibuka dengan Sholat Ashar. Kami berhati-hati dan bergantian dalam berwudhu jangan sampai terpeleset!

Setelah selesai sholat kami membentuk lingkaran besar untuk kegiatan selanjutnya. Lomba membuat kartu ucapan lebaran! Adik-adik sangat bersemangat karena pemenangnya mendapatkan hadiah menarik lhooo.. yaitu sebuah tas sekolah. Dan karena pemenang laki-laki dan perempuan dipisah, makin banyak anak yang bisa mendapatkan tas baru!

GAME TIME!!! Game dari kakak STP seru lho! Walaupun sederhana tapi adik-adik SekoCi memainkannya dengan heboh.. Yang pertama game tepuk tangan. Kalau kakak STP bilang: pagi = 3x tepuk, siang = 2x tepuk, dan malam = 1x tepuk. “PAGI SIANG!” adik-adik sempat bengong beberapa detik, kemudian tepuk 5x. “MALAM PAGI!” tiba-tiba ada yang berteriak “EMPAT KALI!” dari belakang, ternyata ibu-ibu mereka ikut membantu!

Selain itu ada juga game membentuk kelompok. “TIGA ORANG” dan adik-adik harus membentuk kelompok beranggotakan 3 orang. Saling teriak, saling tarik, dan berlarian menjadi pemandangan yang lumrah. Tapi hal terpenting adalah tidak ada yang bertengkar karena sebuah permainan yaaaa…

Waktu tidak terasa sudah semakin mendekati saat-saat berbuka puasa. Ini nih bagian yang paling seru sekaligus menantang! Lomba menghias donat. Bisa dibayangkan adik-adik yang berpuasa itu berlomba menghias donat dengan bahan-bahan yang menarik seperti springkel warna warni, meises, keju, dan gula putih. Adik-adik dengan sabar mengantri untuk menghias donat mereka.

Dan tibalah saatnya berbuka puasaaaaa… Kami duduk melingkar dengan rapih, minum es buah, makan donat, makan nasi kuning, dan tidak lupa Sholat Maghrib berjamaah.

WhatsApp Image 2018-06-03 at 7.44.58 PM

Terima kasih kakak-kakak STP, terima kasih adik-adik SekoCi, terima kasih para pembaca..

🙂

Souvenir Sekoci

Hai, Kakak-Kakak!

Dalam rangka mendukung dana operasional kegiatan mendarat dan berlayar Seko.ci, kali ini Seko.ci meluncurkan beberapa souvenir lucu nan menggemaskan untuk kakak-kakak semua dengan harga yang terjangkau.

Ada Pouch Multifungsi nih. Bisa dipakai untuk menyimpan koin, make up, kabel charger/headset, hp, dan lain-lain.WhatsApp Image 2017-12-10 at 9.23.37 AM.jpegTerus ada tote bag kanvas yang kualitasnya bagus dan kuat.

Continue reading

KEGIATAN MINGGUAN SEKOCI (16 OKTOBER 2016)

AKU

Kalau sampai waktuku
Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang…

Tak hanya membaca puisi, tapi juga mengekspresikan puisi dan memahami isinya adalah bagian dari kegiatan SekoCi sore itu. Awalnya adik-adik malu saat dimintai membaca puisi. Continue reading